Rabu, 12 Desember 2018

KI SAPUJAGAD TIRTAMAYA MAWANGI HUJAN DI CITRALAND, MINGGU 9 DESEMBER 2018




KI SAPUJAGAD TIRTAMAYA MAWANGI HUJAN DI CITRALAND, MINGGU 9 DESEMBER 2018

Desember merupakan musim hujan dan merata di seluruh Indonesia namun kenyataannya masih ada hujan yang tidak merata khususnya di kota Surabaya. Di Bogor hujan deras dan puting beliung yang memporakporandakan banyak rumah. Apalagi Jakarta yang rutin diguyur hujan deras sehingga banjir dimana-mana.

Surabaya merupakan kota di pinggir laut sehingga cuacanya sangat panas sekali. Awan hitam yang membawa butiran air hujan terkadang cepat menguap begitu saja. Namun terkadang hujan datang dengan tiba-tiba. Pak Andreas punya hajat untuk mengadakan acara di bulan Desember juga kuatir dengan kondisi alam Surabaya yang cepat berubah. Dan beliau menghubungi Ki Sapujagad dan acara berlangsung di Willow Citraland, Emerald Mansion daerah Surabaya Barat, Minggu 9 Desember 2018.

Lokasi terletak di daerah Lidah Kulon yang masuk wilayah Surabaya Barat. Daerah ini cepat berkembang karena ada pengembang elit Citraland dan kampus Universitas Negri Surabaya. Di depan kampus ada telaga sehingga suasana daerah ini menjadi sejuk.

Acara berlangsung jam 08.00 WIB sampai jam 17.30 WIB. Ki Sapujagad sudah di lokasi pukul 08.00 dan memasangi bentengan yang berupa Lombok, bawang merah dan putih yang sudah ditusuk lidi. Tidak lupa membakar dupa dan rokok. Selanjutnya membuat bentengan lagi di luar lokasi dengan membentuk formasi segitiga. Pada pukul 13.00 cuaca sudah terlihat mendung, awannya berwarna kelabu dan merata di lokasi acara.

Ki Sapujagad menjaga di depan lokasi sambil istirahat karena kondisi tidak fit dan kecapaian habis dari luar kota. Waktu menunjukkan pukul 13.30 WIB. Tak terasa terlelap sebentar. Dalam terlelap antara sadar dan tidak sadar berbicara dalam hati “Kalau memang hujan…ya turunlah hujan!” Dan seketika hujan pun turun, dan ini membuat kaget ki Sapujagad dan cepat-cepat mengajak hujan untuk diajak ke tempat lain dan dibawah ke pertigaan atau perempatan. Dan alhamdullilah hujan segera mereda dan cuaca sudah terkendali. Pukul 15.00 WIB membuat bentengan lagi dengan formasi bintang.

Ini merupakan pelajaran bagi pawang hujan untuk tidak menyebut kata “turunlah hujan” pada saat memawangi hujan. Tepat pukul 17.30 WIB acara berlangsung dengan sukses.

Tim Sapujagad
Ki Sapujagad Tirtamaya (Surabaya) Hp. 082330152646
Ki Joko Sapujagad (Bekasi) Hp. 085282903780