Sabtu, 07 November 2020

KALIDAMI RW X, KAMPUNG SMART SURABAYA

 


KALIDAMI RW X, KAMPUNG SMART SURABAYA

 Luar biasa, itulah kata yang tepat buat perkembangan kampung Kalidami RW X kelurahan Mojo, kecamatan Gubeng yang masuk nominasi 150 besar RW Terbaik Lomba SSC (Surabaya Smart City) yang diadakan oleh Walikota Risma Surabaya. RW X yang terdiri dari 5 RT dan memiliki potensi ekonomi, budaya yang berbeda dan profesi warganya yang beraneka ragam dan guyup dalam membangun kampung. Dalam lomba SSC 150 besar, RW X diwakili oleh RT 02 dan RT 03. Penjurian SSC yang diadakan pada hari Jumat, 6 Nopember 2020 oleh Tim Juri SSC di RW X dihadiri  oleh Lurah Mojo, Pak Christiono, SH. RW X. Bapak Ir. Gunanto, RT 2 Pak Andi, RT 3 Pak David dan hiburan yang dimeriahkan oleh smua warga RW X sebagai wujud partisipasi warga terhadap lomba SSC.

 Apa saja yang membuat Kalidami RW X bisa masuk nominasi 150 besar SCC ternyata potensinya banyak sekali diantaranya budidaya magot untuk mengurangi sampah basah, biopori (resapan air berisi daun-daun kering untuk mengurangi banjir), loseda (Lubang sisa dapur), komposter, takakura, hidroponik, aquaponik, karungkura, pupuk cair organik, jelantah jadi lilin, bank sampah,Taman Toga, pupuk cangkang telor, pembasmi hama organik dll.

 Dalam pengembangan ecobussiness seperti daur ulang limbah jadi pupuk, lilin, sabun, parfum, jampel, daster, dompet, bros, masker, dan lain-lainnya. Ada juga UKMart pasar online untuk pasarkan hasil produksi usaha kecil menengah (UKM) dan Smart IT/Kampung Cyber. Info lebih lanjut kunjungi https://xdamismart.wordpress.com/ dan https://wowsurabayaonline.blogspot.com/ (widyaswara)