Jumat, 05 Juni 2020

SELAMAT DAN SUKSES ALBUM KOMPILASI NUSANTARA 1



SELAMAT DAN SUKSES ALBUM KOMPILASI NUSANTARA 1

Pada awalnya ada keraguan untuk membuat Album Kompilasi karena untuk mengumpulkan materi lagu pastilah tidak mudah. Ada keraguan dan kuatir, apakah lagu itu akan disalahgunakan. Padahal Hak Cipta lagu tetap dimiliki oleh pencipta lagu. Tentu saja setiap ada kegiatan ada yang pro dan kontra tapi hal itu bukanlah masalah selama kita yakin bahwa tujuan kita baik ya terus saja jalan.

Zaman dahulu era 80-90an, untuk membuat album kompilasi dibutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti biaya cetak cover CD, perbanyak CD, promosi dll. Biasanya yang tertarik bergabung untuk album kompilasi ditarik biaya tertentu. Namun sekarang zaman sudah berbeda, sekarang era digital dimana pada masa kini ada kemudahan berkarya dalam hal produksi rekaman dan promosi. Zaman dahulu contohnya di era Pas band merupakan perintis rekaman indie label dimana warna lagu/musik sesuai dengan keinginan band itu sendiri bukan mengikuti pasar seperti yang dianut major label.

Dengan adanya media Youtube, facebook, soundcloud dll  memudahkan musisi mendapat kemudian untuk mempromosikan lagunya. Namun untuk mempromosikan lagu sendiri tidaklah mudah karena dengan kita kerja sendiri hasilnya tentu berbeda kalau kita kerja bersama tim. Hasil kerja tim lebih maksimal. Tujuan dengan adanya kompilasi agar musisi yang masuk album agar saling promosi dengan membagi linknya kepada media social masing-masing, saling mengenal antar musisi dan saling bertukar pengalaman.

Lagu merupakan hasil karya manusia yang unik. Banyak hal yang membuat orang tertarik dengan lagu sepertik lirik sedih, gembira, lucu, aransemen lagu, promosi dll. Dan setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang lagu. Lagu itu mempunyai roh lagu yang bisa membuat orang terhipnotis, gembira dan sedih. Dan untuk menulis lagu seperti itu tidaklah mudah karena antara hubungan manusia, alam dan Tuhan sudah menyatu padu pada satu titik.

Album kompilasi seperti halnya tempat pameran bagi seorang pelukis. Dimana pelukis itu memamerkan karyanya agar orang tertarik untuk membelinya. Album Kompilasi Nusantara 1 yang terdiri 12 lagu karya anak muda Indonesia yang ingin karyanya didengar, dihargai, dinikmati dan dibeli. Bagi mereka cukup bisa dinikmati saja membuat musisi senang apalagi kalau lagu bisa dibeli melalui media musik resmi. Namun karakter pembeli musik di Indonesia masih susah, kurang menghargai. Sekarang cukup download saja beres dan gratis.
Sebuah lagu yang menghasilkan penghasilan (uang) bukanlah hal mudah. Musisi membutuhkan semangat yang luar biasa, modal musik dan daya mental agar lagu kita popular. Lagu yang sudah popular di masyarakat, bagi musisi akan mendapat penghasilan (royalti) dari lagu itu. Dan itupun jalannya berliku-liku.

Ada 40 lagu yang masuk ke Widyaswara Production dan kita harus memilih 12 lagu yang masuk dalam album Kompilasi Nusantara 1. Semua karya yang masuk bagus semua dengan genre yang berbeda. Namun keputusan harus diambil untuk memilih 12 lagu. Dengan berbagai pertimbangan yang matang akhirnya terpilihlah 12 lagu tersebut. Lagu yang belum terpilih bisa masuk ke album kompilasi berikutnya.

Mereka adalah (1) Allah Akbar, tWOOne band, Bogor (2) Jika Ku Bisa, Jimmy Jo, Jakarta (3) Tenanglah ini hanya Cinta, Hazmi, Surabaya (4) Ku Tak Marah, Passtel band, Bandung (5) Sepenggal Kisah, Sant Dewa, Lampung (6) Dan Tersenyumlah, Candy, Jakarta (7) Petani, Embun Pagi, Wonosobo Jawa Tengah (8) Pengisi Hati, PM band, Bandung (9) Pergilah, Heru Rabick, Bandung (10) Perasaan Itu, Nakulla, Lampung (11) Gadis Manis, Sun Kenji, Medan (12) Jangan Korupsi, Somies’N Friend Karanganyar Jawa Tengah.

Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Komunitas Musik Indie, Promo Musik Indonesia, Musisi dan Musik Indonesia, Forum Musik Indie Indonesia dan semua pihak yang membantu event ini baik langsung maupun tidak langsung.

Akhirnya Widyaswara Production dan Semantik Record mengucapkan SELAMAT DAN SUKSES bagi musisi yang masuk album Kompilasi Nusantara 1. Semoga Album Kompilasi Nusantara 1 ini dapat memberi warna pada musik Indonesia saat ini. Apabila kami ada kesalahan ucapan atau kata-kata, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

BERKARYA TANPA BATAS, SALAM MUSIK INDONESIA